Ide Usaha Kecil Dengan Modal Kecil

Ide Usaha Kecil Dengan Modal Kecil

Ide Usaha Kecil Dengan Modal Kecil – Ide Usaha Kecil Dengan Modal Kecil – Perekonomian saat ini tidak stabil, sehingga di butuhkan kejelian atau teknik untuk memiliki usaha dengan modal kecil. Harga minyak dunia meningkat yang menyebabkan efek domino sehingga diikuti peningkatan harga barang lainnya. Hal ini sering kali membuat suatu perusahaan terpaksa harus merumahkan sebagian bahkan mem-PHK keseluruhan karyawannya. Tidak hanya negara-negara berkembang, Amerika Serikat sebagai negara adidaya pun tidak bisa lolos dari krisis moneter.

Ide Usaha Kecil Dengan Modal Kecil

Ide Usaha Kecil Dengan Modal Kecil

Harga-harga barang kebutuhan pokok yang terus meningkat  tidak diimbangi dengan peningkatan gaji / upah membuat karyawan suatu perusahaan tidak bisa bertahan mengikuti gaya hidup mereka, dimana kian hari gaji yang didapat tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan hidup yang layak bagi mereka dan keluarganya.

Sulitnya situasi ini  mendorong setiap orang perlu memiliki usaha sampingan untuk menambah penghasilan keluarga. Maka kita dituntut harus menjadi lebih kreatif dalam membaca peluang usaha yang ada. Salah satu caranya dengan membuka peluang usaha sendiri meski dengan menggunakan modal yang tidak terlalu besar.

Jenis usaha kecil dengan modal kecil memang menjadi sasaran pelarian para karyawan maupun pencari kerja yang belum juga memperoleh pekerjaan. Usaha dengan modal kecil menjadi pilihan utama mereka dikarenakan tidak semua orang dapat memperoleh pinjaman modal dengan jumlah yang besar apalagi tanpa memiliki agunan. Hanya bermodalkan uang yang dimilikinya, seseorang dapat membuka peluang usaha yang sekiranya memiliki pasar yang bagus.

Modal Usaha Kecil

Namun untuk memulai usaha kecil sebenarnya bukan hanya bermodalkan uang saja, tetapi harus ditambah dengan modal lainnya yang lebih besar seperti modal keinginan yang kuat, modal rajin, modal gigih, modal semangat yang sangat tinggi, modal cepat belajar, dan modal mental tahan banting, jika disatukan maka tentu saja hasilnya bisa menjadi luar biasa.

Berawal Dari Ide

Jika ingin memiliki usaha, bukan hanya usaha besar saja, usaha kecil juga memerlukan perencanaan. Banyak orang yang ingin sekali memiliki usaha sampingan tetapi tidak tahu apa yang dilakukan.

Yang pertama-tama kita harus memiliki suatu gagasan / ide mengenai bisnis apa yang akan digarap. Dari mana gagasan / ide usaha itu muncul? Gagasan bisnis akan lebih mudah kita dapat apabila kita peka dan peduli terhadap diri kita sendiri, keluarga, teman, dan lingkungan masyarakat sekitar.

Peduli kepada diri sendiri adalah bagaimana kita mengenali kemampuan, minat, bakat, kita sendiri. Banyak wira usahawan yang berhasil karena dia dapat memanfaatkan kemampuan, minat,  bakat yang dimilikinya sendiri dikombinasikan dengan kejelian melihat peluang pasar.

Sebut saja Purdi E Chandra pemilik lembaga pendidikan Primagama. Berawal dari kemampuannya senang mengajar dan kejelian melihat peluang, dimana lulusan SMA ternyata banyak sekali berminat melanjutkan kuliah dan ingin sekali lulus di ujian masuk perguruan tinggi. Akhirnya beliau mendirikan bimbingan belajar, dan hingga kini berkembang sampai memiliki banyak cabang di kota-kota di Indonesia.

Ada lagi seorang pengusaha dari Bandung, yang hingga kini sukses di bidangnya yaitu usaha daur ulang sampah plastik. Idenya berawal dari kepekaannya terhadap lingkungan sekitar, banyak sampah plastik yang berserakan namun siapa sangka dari hanya sekedar sampah kini bisa menjadi usaha pengolahan biji plastik yang besar.

Beberapa Contoh Usaha Kecil Dengan Modal Kecil

Jasa Pijat Urut dan Massage

Jasa pijat, urut dan massage akhir-akhir ini nampak trendnya meningkat. Mungkin karena kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, karena pijat ini mampu melancarkan peredaran darah, persendian terkilir, atau mungkin juga karena beban kerja yang meningkat sehingga banyak orang yang ingin menghilangkan stress dengan menggunakan jasa ini untuk membuat badan menjadi rileks, sehingga semangat kerja kembali pulih.

Biasanya tukang pijat memiliki tempat mangkal tersendiri dan menunggu pasien datang. Tetapi kalau pasien memerlukan pijat urut namun tidak bisa datang ke tempat praktek bagaimana ? Inilah satu peluang untuk Anda, menjadi tukang pijat urut yang bisa dipanggil untuk datang ke rumah pasien. Jika Anda memang bisa memijat, mungkin bisa mencoba ide ini, atau mulai sekarang belajar memijat dulu.

Jasa Cukur Rambut

Menjadi tukang cukur rambut nampaknya tidak terlalu membutuhkan modal yang begitu besar. Tidak usah Anda memikirkan harus memiliki tempat seperti salon kecantikan. Cukup peralatan cukur secukupnya, trus mangkal di bawah pohon di pinggir jalan, atau dengan cara berkeliling menggunakan sepeda. Simpel tapi peluangnya bagus, karena orang tentu memotong rambutnya secara berkala, bisa sebulan sekali. Jika hasil potongan rambut Anda bagus dan rapi, Anda akan selalu ditunggu oleh pelanggan.

Jasa Setrika Baju

Jasa setrika baju merupakan salah satu alternatif usaha dengan modal relatif kecil, juga tidak begitu membutuhkan keahlian khusus. Seorang pemulapun bisa memulai usaha ini, hanya bermodal setrika dan beberapa pengharum pakaian, namun yang terpenting adalah modal kemauan untuk memulai usaha ini.

Pangsa pasar masih terbuka, terutama orang-orang yang super sibuk sampai mengurus pakaian saja tidak sempat. Anda bisa menawarkan jasa ini ke tetangga sekitarnya bisa mendatangi ke rumah mereka atau bisa menerima pakaian yang disetrika di rumah Anda.

Jualan Pulsa

Peluang usaha berjualan pulsa dengan sistem counter berjalan, patut  Anda coba. Hanya  bermodalkan Rp 100.000 sampai Rp 200.000 Anda sudah dapat berjualan pulsa melalui ponsel Anda sendiri. Hampir semua pulsa operator seluler bisa dijual melalui sistem ini hanya dari satu ponsel saja. Tidak perlu ponsel mahal, yang bututpun bisa melayani sistem ini.

Mulailah Saat Ini

Sebuah gagasan bisnis hanya menjadi sebuah gagasan saja jika tidak ada tindakan untuk mewujudkannya. Dengan memulainya, kita bisa mendapatkan pengalaman dan pelajaran berharga yang bisa digunakan memperbaiki usaha secara sistematis. Jika mental telah siap, mulailah dari saat ini walau mungkin kita masih memiliki beberapa keterbatasan dan kendala yang ada.

Hadapi Dan Atasi Hambatan Atau Kegagalan

Mungkin tidak ada seorang pun wira usaha yang berhasil tidak mengalami hambatan bahkan kegagalan dalam perjalanan bisnis mereka. Namun kita harus menyikapinya dengan  sikap positif, bahwa apa yang terjadi adalah yang terbaik buat kita.

Hambatan dan kegagalan merupakan sebuah pelajaran yang harus kita ambil hikmahnya. Tanpa kita sadari itu akan menguatkan dan mempertajam intuisi dan kemampuan kita dalam berwirausaha. Setiap usaha selalu akan mempunyai risiko dan bila itu sampai terjadi, bersiaplah, dan hadapilah dengan lapang dada.

Tips Memulai Wira Usaha

Tips Memulai Wira Usaha

Tips Memulai Wira Usaha – Wira Usaha adalah kemampuan untuk berdiri sendiri, berdaulat, merdeka lahir batin, sumber peningkatan kepribadian, suatu proses dimana orang mengejar peluang, merupakan sifat mental dan sifat jiwa yang selalu aktif, dituntut untuk mampu mengelola, menguasai, mengetahui dan berpengalaman untuk memacu kreatifitas.

Tips Memulai Wira Usaha

Tips Memulai Wira Usaha

Latar Belakang

Opini yang berkembang di masyarakat bahwa mencari uang dengan menjadi karyawan sangatlah tidak realistis dengan kondisi sekarang.

Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, maka orang yang mencari pekerjaan juga bertambah, yang artinya jumlah saingan dalam melamar pekerjaan juga semakin meningkat. Walaupun akhirnya Anda diterima menjadi karyawan, gajinya tidaklah begitu banyak dibandingkan biaya hidup sehari-hari.

Angka kejadian PHK juga meningkat disaat krisis moneter yang menyebabkan Anda terpaksa harus mencari lagi pekerjaan lain yang belum tentu sesuai dengan keinginan dan keahlian Anda.

Seolah-olah Anda bekerja di hari ini, hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda hari ini juga. Bagaimana bisa menabung untuk biaya kuliah anak Anda kelak yang semakin lama semakin meningkat. Belum lagi biaya renovasi rumah, service mobil, bayar cicilan, bayar asuransi kesehatan dan lain-lain.

Mengapa Memilih Dunia Usaha

  • Membangun usaha saat ini lebih mudah dibanding dulu, karena penduduk yang banyak menciptakan pasar yang semakin luas, teknologi informasi yang lebih murah, tumbuhnya berbagai macam sistem marketing (internet marketing, MLM, franchises).
  • Kebebasan waktu untuk keluarga
  • Kesempatan untuk lebih bermanfaat bagi orang lain dengan membuka lapangan kerja
  • Bebas merealisasikan ide kita, hal yang mungkin selama ini dibatasi oleh atasan
  • Bisa menjadi boss bagi diri sendiri
  • Bebas mengatur waktu kerja, tanpa terikat jam ketat kantor
  • Bisa menentukan gaji sendiri
  • Bisa tetap berdekatan dengan keluarga

Membangun Bisnis Tidak Sulit

Sebenarnya banyak sekali jalan jika Anda memang ingin menjadi seorang wira usahawan. Tidak perlu sekolah tinggi-tinggi, tidak perlu jabatan tinggi, tidak perlu modal uang ratusan juta, tidak perlu IQ tinggi. Yang penting Anda memiliki modal keberanian, sanggup bekerja keras, mental kuat, Anda sudah bisa menjadi wira usahawan.

Pada umumnya orang berpikir untuk menjadi wira usaha, dibutuhkan modal uang yang cukup, oleh sebab itu banyak diantara mereka pada berebut bekerja sebagai karyawan. Pada saat uang sudah banyak baru mereka mau menjadi wira usahawan. Tetapi kenyataannya seiring dengan waktu makin sibuk bekerja, pendapatan makin meningkat, tetapi pengeluaran sehari-hari juga makin meningkat. Pada akhirnya tidak punya modal uang, rencara menjadi wira usaha tidak pernah tercapai.

Untuk menjadi seorang wira usaha bukan modal uang yang utama, dan uang tidak menjadi tolak ukur kesuksesan seseorang di wira usaha. Jadi jika tidak memiliki uang apakah Anda tidak akan memulai menjadi wirausaha ? Lihat saja  wira usahawan  yang sudah sukses banyak yang mengawali bisnisnya dari nol. Misalnya menjadi makelar rumah, makelar mobil yang mendapatkan keuntungan dari komisi.

Ide Wira Usaha

Jika Anda kebetulan punya keahlian khusus menjual jasa adalah yang paling baik untuk memulai usaha, seperti bimbingan belajar, les bahasa Inggris, kursus musik ( piano, gitar, biola ) kursus memasak, kursus menjahit.

Atau, bisa juga seseorang memesan barang tertentu kepada Anda, tetapi sebelum barang pesanan tersebut dikerjakan, Anda minta uang muka terlebih dulu. Jadi uang muka itulah yang Anda jadikan modal untuk memulai usaha.

Bagi Anda yang memiliki cukup uang dan tidak ingin terlalu repot memulai suatu bisnis, Anda bisa langsung menjadi pengusaha dengan cara membeli waralaba / franchise suatu produk atau jasa yang terbukti sudah sukses.

Tips Menjadi Wira Usaha Yang Sukses :

  • Kemauan yang keras
  • Perjuangan yang tak kenal lelah
  • Kesediaan menghadapi segala tantangan
  • Selalu berproses pikir kreatif dan positif
  • Telaten dan ulet dalam melakukan pekerjaan
  • Pantang menyerah
  • Sabar
Peluang Usaha Rumahan

Peluang Usaha Rumahan

Peluang Usaha Rumahan – Dari hari ke hari rasanya kebutuhan hidup selalu meningkat, seiring perkembangan gaya hidup, juga harga-harga barang yang  semakin meningkat. Namun sayangnya gaji sebagai karyawan tidak juga naik mengikuti trend yang ada. Lama kelamaan rasanya gaji kita makin berkurang saja, karena harga barang sudah jauh melambung tinggi.

Peluang Usaha Rumahan

Peluang Usaha Rumahan

Bagi sebagian orang untuk menyiasati masalah ini, mereka mulai memikirkan tentang membangun usaha sampingan. Karena dengan memiliki usaha sampingan kita tetap bekerja seperti biasa di perusahaan sebelumnya tetapi setelah usai waktu kerja kita bisa mengelola usaha sampingan tersebut.

Dan jangan salah jika kita serius mengelolanya, bisa-bisa pemasukan dari usaha sampingan kita melebihi gaji kita sebagai karyawan. Dan pada saat itulah kita sudah memiliki pilihan apakah kita tetap bekerja mengikuti perintah atasan sebagai karyawan (bawahan), atau fokus pada usaha kita sendiri yang membuat kita menjadi bos bagi usaha kita sendiri.

Memiliki usaha sampingan tidaklah mustahil, jangan dulu berpikir kita harus sewa kantor sendiri, menggaji beberapa karyawan dan membeli seperangkat properti untuk menjalankannya. Cukup mengerjakan sendiri dari rumah kita sendiri usaha sampingan sudah bisa kita jalankan.

Selain modal teknis / keahlian modal mindset berbisnis yang benar juga mental tahan banting juga sangat dibutuhkan untuk kelangsungan dan kesuksesan usaha sampingan kita. Ada beberapa hal yang bisa menjadi panduan kita dalam memulai usaha sampingan dari rumah.

1.  Mental Pembelajar.

Anda bisa saja ahli dalam suatu bidang misalnya Anda seorang arsitektur yang oke, design grafis yang hAndal atau apapun keahlian Anda, tetapi Anda tidak tahu mengelola keuangan, pembukuan, perpajakan, marketing, dll. Anda bisa saja membayar orang untuk itu, tapi paling tidak  Anda harus mengetahui hal-hal tersebut, Anda bisa bergabung dengan komunitas pemilik usaha rumahan lainnya,  disini Anda bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman dalam mengelola berbagai hal dalam bidang bisnis ini.

2. Bertindak Profesional.

Anda harus memastikan bahwa tempat kerja Anda adalah tempat yang profesional untuk dikunjungi, karena banyak usaha rumahan dalam beberapa hal memerlukan  kedatangan klien ke rumah Anda. Untuk menanam kepercayaan mereka Anda harus membuat kesan yang baik ketika Anda mengundang orang ke rumah (kantor ) Anda.

3. Time Management.

Jika sudah memiliki usaha sampingan, bisa saja Anda bekerja baru bangun sambil minum kopi namun belum mandi dan gosok gigi, masih pakai sarung atau celana pendek, tapi ingat, Anda tidak lagi memiliki seorang atasan yang menegur dan menanyakan hasil kerja Anda tapi ini adalah tanggung jawab Anda.

Coba buat jadwal kerja dan coba menaatinya. Ingat, meskipun Anda berada di rumah Anda, Anda menjalankan bisnis dan Anda perlu memastikan bahwa Anda dapat menyelesaikan usaha rumahan Anda. Jaga ruang kerja Anda terpisah dari rumah Anda dan memperlakukannya sebagai kantor. Hindari melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah walapun Anda ada di rumah, ingat ini adalah kantor Anda. Katakan sama keluarga Anda bahwa Anda bekerja dan tidak bisa diganggu layaknya Anda bekerja dengan orang lain.

4. Hindari Mental Perfeksionis
Dalam memulai usaha rumahan, ada banyak alat-alat pendukung yang harus dibeli, seperti komputer, printer, mesin fotokopi, mesin fax, rak file, meja, kursi dan sebagainya.

Dan kalau semua dipenuhi, tentunya memerlukan modal yang tidak sedikit bukan? Cobalah untuk memilah-milah, kalau memang ada yang bisa dimanfaatkan dari apa yang Anda miliki, manfaatkan dulu, yang penting cukup bagus dan bisa dipakai, hindari pembelian barang yang serba baru, serba wah, ingat bahwa Anda belum memiliki klien, dan belum ada penghasilan untuk beberapa saat.

Memulai usaha rumahan Anda sendiri bisa menjadi kaya, baik secara spiritual dan finansial. Bekerja keras, mintalah bantuan ketika Anda memerlukannya, dan jangan mengambil jalan pintas dan Anda akan perlahan-lahan tapi pasti menjadi sukses.

Ide Usaha Rumahan

Sekarang anda sudah tahu selain dibutuhkan keterampilan teknis, management dan mindset yang benar juga sangat menentukan kesuksesan kita dalam menjalankan usaha sampingan kita. Sekarang kita mencari ide apa yang bisa kita lakukan untuk membuat usaha sampingan kita di rumah yang kira-kira sesuai dengan keahlian kita masing-masing. Berikut pilihan  usaha rumahan yang bisa Anda lakukan :

1. Web Desain

Jika Anda memiliki pengetahuan tentang web design, HTML, CSS, PHP, dan bahasa komputer lainnya, Anda bisa bekerja sebagai karyawan untuk perusahaan, atau freelancer .

2. Penulis

Pekerjaan ini menawarkan fleksibilitas besar dengan jenis tulisan dan publikasi yang dapat Anda pilih. Anda dapat menulis untuk pasar seperti majalah, atau fokus pada publikasi online dengan menulis newsletter dan e-Zines. Penulis juga dapat membuat pendapatan mereka sendiri dengan menulis dan menjual e-buku online, membuat konten situs dengan berbagai iklan, afiliasi produk-produk dan banyak lagi. Anda dapat bekerja secara eksklusif untuk satu perusahaan atau freelance untuk banyak klien.

3. Desain Grafis

Desain grafis melibatkan penciptaan karya seni, seperti gambar digital, logo perusahaan dan situs web grafis, termasuk mencetak foto. Biasanya ini lebih banyak digunakan untuk perusahaan lokal, meskipun Anda masih memiliki banyak waktu untuk bekerja di rumah.

4. Transcription

Transcription dilakukan dengan mendengarkan file audio kemudian diketik ke dalam bentuk tertulis. Pada umumnya transcription dibagi dua yaitu  medis dan umum. Medical transcription memerlukan pelatihan lebih intensif karena Anda harus  mengetahui terminologi medis yang digunakan pada rekaman, yang sering digunakan oleh dokter dan profesional kesehatan lainnya. Transcription umum dapat mencakup berbagai jenis audio rekaman, seperti notulen rapat, seminar, teleseminars, dan wawancara.

5. Customer Service

Zaman kini sudah maju, dengan adanya internet  memungkinkan Anda untuk menjadi seorang customer service terhadap suatu perusahaan namun Anda tetap berada di rumah.Tugas yang Anda terima bervariasi, tergantung masing-masing perusahaan, tapi pada umumnya Anda akan diberi pekerjaan sebagai penjawab panggilan telepon klien, memberikan layanan umum klien, menangani keluhan, masuk ke dalam sistem online perusahaan, dan sebagainya.

Ada banyak jenis usaha rumahan, tapi mungkin ini adalah yang paling umum. Namun, karena teknologi terus maju, kita akan melihat lebih banyak kesempatan untuk melakukan pekerjaan rumah di masa depan.

Cara Mencuci Topi Kain Yang Benar

Cara Mencuci Topi Kain Yang Benar

Cara Mencuci Topi Kain Yang Benar – Topi merupakan aksesoris yang populer di masa kini, mungkin sama populernya dengan tas atau jaket. Sejak awal topi dipopulerkan sekitar tahun 1700 yang waktu itu dipakai oleh militer Inggris. Namun kini topi tidak hanya dipakai oleh kalangan militer saja, masyarakat umum mulai anak-anak, dewasa, manula tanpa mengenal gender (laki-laki maupun perempuan), baik situasi formal maupun non formal topi tetap biasa dipakai.

Cara Mencuci Topi Kain Yang Benar

Cara Mencuci Topi Kain Yang Benar

Fungsi Topi

Ada beberapa alasan, mengapa seseorang mengenakan topi, antara lain:

1. Melindungi kulit wajah dari sengatan matahari.

2. Menyembunyikan kerusakan rambut, misalnya kebotakan, ketombe, rambut kusam.

3. Sebagai aksesoris untuk meningkatkan penampilan.

Bahan Topi

Topi kini terbuat dari berbagai bahan, misalnya kain, katun, logam, sutera, benang wol, anyaman bambu, kulit asli, kulit sintetis, karet, dan lain-lain.

Cara Mencuci Topi Yang Benar

Mungkin sebagian besar orang suka memakai topi namun tidak semua tahu bagaimana cara mencuci topi dengan benar, agar topi yang kita miliki tetap awet, tidak berubah bentuk, tidak berbau apek serta warnanya tetap terjaga.

Perlu diperhatikan bahwa bagian topi yang paling kotor justru pada bagian dalam topi, yaitu di lingkar kepala, yang bersentuhan langsung dengan rambut dan kulit kepala.

Berikut ini kami sajikan cara mencuci topi yang benar:

• Topi dapat dicuci dengan detergen, namun jangan dicampur dengan pakaian lain. Hindari menggunakan air panas dan pemutih karena dapat memudarkan warna topi. Sebaiknya menggunakan air dingin untuk topi berwarna gelap dan air hangat untuk topi yang berwarna putih.

• Untuk melakukan pencucian pertama kali, dilakukan pengujian warna dulu. Dengan menggunakan kain yang lembut, kain dicelupkan ke air dingin dan tambahkan sedikit detergen yang telah dilarutkan ke air.

• Gosokkan kain yang telah dicampur deterjen pada sedikit bagian tersembunyi dari topi Anda. Umumnya dibagian bawah dari pinggiran topi Anda adalah tempat yang tepat untuk menguji ini. Dengan cara tersebut, Anda bisa memastikan apakah topi Anda akan berubah warna setelah dicuci atau tidak.

• Selanjutnya cucilah bagian tersembunyi dari topi Anda dengan kain pembasuh basah yang dicampur air bersih. Biarkan topi mengering. Jika tidak ada perubahan warna, baru kita lanjutkan untuk mencuci keseluruhan topi.

• Mencuci topi juga tidak boleh memberi detergen atau cairan pengharum/pelembut baju langsung pada topi, hal ini juga menyebabkan warna luntur. Sebaiknya detergen dilarutkan ke dalam air terlebih dahulu, baru memasukkan topi ke dalamnya. Hindari pemakaian softener terlalu banyak karena dari kasus yang sering kami temukan softener malah melunturkan topi.

• Topi lebih baik dicuci dengan tangan, karena penggunaan mesin cuci dapat menyebabkan perubahan bentuk pada topi, terutama pada bagian sisinya. atau ujungnya yang mudah rusak akibat gesekan di mesin cuci.

• Jangan menggosok terlalu keras dan hindari penggunaan sikat pakaian karena akan mudah menyebabkan seratnya menjadi lebih cepat rusak.

• Terus basuh dan bersihkan topi Anda sampai tidak ada lagi sabun yang menempel pada topi tersebut.

• Untuk menghindari topi kusut, berubah bentuk atau patah pada topi yang memiliki tulang depan (seperti topi remaja), maka tidak perlu diperas atau dikucek setelah selesai dicuci. Cukup ditekan perlahan untuk mengeluarkan airnya dan dikibaskan.

• Biarkan topi Anda kering dengan mengangin-anginkan tanpa terkena sinar matahari. Untuk menjaga bentuk topi, letakkan topi pada benda yang berbentuk kepala, seperti balon atau kaleng kopi, selama mengeringkan topi.

• Saat menyimpan usahakan untuk memisahkannya dengan jenis pakaian lainnya. Gunakan gantungan khusus topi dan jangan menumpuk topi dengan model yang berbeda agar tidak merusak bentuk aslinya.

• Dalam lemari penyimpanan Anda bisa menambahkan kamper atau pewangi lemari untuk mencegah masuknya ngengat yang dapat merusak topi.

Cara Merawat Sepatu Kulit Pantofel

Cara Merawat Sepatu Kulit Pantofel

Cara Merawat Sepatu Kulit Pantofel – Kali mau share sebuah tips cara yang benar merawat sepatu dari kulit yang mereknya sudah terkenal yaitu Sepatu Pantofel. Pada umumnya seseorang dinilai dari kesan pertama, mulai cara dia berpakaian, gaya rambut, aksesoris yang dipakai sampai penggunaan alas kaki. Kesan pertama menunjukkan kredibilitas seseorang, apakah dia seorang sales, pelamar pekerjaan, prospek, bahkan saat pertama kali bertemu calon mertua.

Cara Merawat Sepatu Kulit Pantofel

Cara Merawat Sepatu Kulit Pantofel

Banyak orang mengesampingkan tentang alas kaki atau sepatu, padahal justru sepatu menjadi barometer apakah seseorang memiliki jiwa teliti, tekun, bersih atau  rapi. Kualitas sepatu yang dipakai seseorang juga menunjukkan tingkat penghargaan terhadap dirinya sendiri, sehingga dia juga akan dihargai orang lain.

Sepatu yang terawat dengan baik dan dalam kondisi bersih, akan terasa nyaman ketika dipakai. Dapat menambah daya tarik penampilan dan tentunya meningkatkan rasa percaya diri si pemakai. Baik saat beraktifitas di kantor, jalan-jalan maupun saat kencan dengan pacar.

Maka dari itu, memilih dan merawat sepatu yang baik agar selalu terlihat menawan merupakan hal yang penting dalam menunjang penampilan. Bahan dasar sepatu ada beraneka ragam, misalnya berbahan kain, kulit asli, kulit imitasi, karet, plastik  dan sebagainya. Untuk meningkatkan kredibilitas penampilan, bisa dipilih sepatu yang berbahan dasar dari kulit.

Memilih Sepatu Kulit Pantofel Yang Baik

Jika memilih sepatu kulit yang berkualitas, pilihlah yang berbahan dasar kulit asli, bukan sintetis. Lihat juga bagian dalamnya, terbuat dari kulit asli berkualitas tinggi misalnya calfskin atau kulit anak sapi, bukan dari bahan karet. Perhatikan jaritan dan bagian sole, akan terlihat rapi.

Tips Merawat Sepatu Kulit Pantofel

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat sepatu kulit pantofel agar tetap bersih, berkilau dan awet. Penyemiran merupakan syarat mutlak merawat sepatu pantofel. Persiapkan dulu beberapa peralatan yang akan digunakan untuk menyemir sepatu diantaranya:

  • Saddle soap
  • Wax / cream polish  sesuai warna sepatu
  • Sikat sepatu
  • Kain lap

Cara Memegang Sepatu Selama Penyemiran

Sepatu pantofel dipegang dengan tangan kiri, yaitu masukkan empat jari mulai telunjuk hingga kelingking ke dalam sepatu sedangkan ibu jari di luar. Lekukan antara telunjuk dan ibu jari digunakan untuk menahan sepatu dan mengubah-ubah posisinya. Tangan kanan dipakai menyemir, menyikat atau mengelap sepatu, secara searah atau bolak-balik.

Bersihkan Kotoran Yang Menempel Dan Keringkan

Jangan sekali-kali menyemir sepatu pantofel yang masih dalam keadaan kotor dan basah. Akibatnya kita malah menyebarkan kotoran ke seluruh permukaan sepatu. Bersihkan dulu kotoran dengan saddle soap yaitu sabun yang dirancang khusus untuk membersihkan bahan dasar dari kulit. Lalu bersihkan dengan kain yang lembut. Keringkan sepatu dengan cara diangin anginkan.

Jika sepatu Anda kehujanan, sesegera mungkin keringkan permukaan sepatu dengan tisu atau kain kering yang lembut, kemudian tambahkan kertas koran ke dalam sepatu, lalu diangin anginkan dalam posisi berdiri. Yang perlu diperhatikan juga adalah jangan mengeringkan sepatu dengan hair dryer, karena akan merusak bagian kulit sepatu. Biarkan sepatu mengering secara alami.

Semir Sepatu Secara Rutin

Setelah sepatu pantofel bersih dan kering, semir sepatu kulit Anda dengan produk wax/cream polish yang ada sesuai warna sepatu. Oleskan  wax/cream polish ke seluruh permukaan kulit sepatu secara merata. Menyemir tidak boleh terlalu banyak karena justru akan membuat debu mudah menempel di kulit sepatu. Kemudian  Anda sikat (tanpa semir) secara lembut keseluruh permukaan sepatu. Diamkan beberapa menit, lalu gosok dengan kain bersih hingga mengkilap. Sepatu kulit sebaiknya di semir secara rutin setiap hari.

 Jangan Dijemur Di Bawah Sinar Matahari Langsung

Jika ingin menjemur sepatu pantofel, boleh saja dilakukan namun hindari sinar matahari langsung, dan tidak boleh menjemur terlalu lama, karena sepatu kulit akan menjadi terlalu kering dan mudah rusak. Sepatu kulit yang terlalu kering menjadi pecah-pecah lama-kelamaan menjadi terkelupas.

 Keringkan Kaki Sebelum Mengenakan Sepatu

Kaki yang basah tentu membuat kaus kaki juga basah, sehingga bagian dalam sepatu menjadi  lembab. Jika hal ini dilakukan terus-menerus, akan memicu berkembangnya bakteri dan jamur di dalam sepatu yang tentunya tidak baik bagi kesehatan kaki. Sepatu dan kaki menjadi bau dan menimbulkan jamur atau kutu air di sela-sela jari kaki. Untuk menghilangkan bau,  taburkan baking soda pada bagian dalam sepatu di malam hari.  Lalu bersihkan taburannya di pagi hari.

 Memiliki Beberapa Pasang Sepatu Merupakan Solusi Yang Baik

Jika sepatu yang sama digunakan terus menerus, apalagi dalam kondisi yang lembab atau basah, sepatu akan cepat rusak. Setelah dikeringkan dan disemir lebih baik disimpan sepatu Anda di rak sepatu, kemudian gunakan sepatu yang lain. Dengan cara ini membuat sepatu tetap awet, selalu mengkilap dan tahan lama.

Sediakan Rak Sepatu

Biasakan setelah selesai beraktifitas dan pulang ke rumah, angin-anginkan sepatu, kemudian semir dan angin-anginkan lagi setelah itu disimpan dengan rapi. Sediakan tempat khusus untuk menyimpan sepatu pantofel.  Rak sepatu bisa berbahan  kayu, plastik, logam  atau apapun itu agar sepatu Anda tertata dengan rapi. Jika sepatu jarang digunakan, bisa meletakkannya di dalam kotak kardus sepatu sewaktu Anda membelinya dulu, agar sepatu terhindar dari debu.

Peluang Bisnis Belut Ternak

Peluang Bisnis Belut Ternak

Peluang Bisnis Belut Ternak – Belut merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang umumnya hidup di sawah. Belut banyak diburu oleh masyarakat pedesaan sebagai hidangan  untuk dikonsumsi keluarga. Disamping rasanya yang lezat, belut juga merupakan sumber protein dan lemak yang dibutuhkan tubuh.  Di Indonesia sendiri belut sudah lama dikenal, disawah belut dikenal sebagai hama tanaman padi, begitu juga ditambak sebagai hama karena memakan bibit ikan atau udang yang dibudidayakan petani.

Peluang Bisnis Belut Ternak

Peluang Bisnis Belut Ternak

Tetapi seiring waktu permintaan belut untuk konsumsi semakin meningkat , dan  sejak tahun 1979 belut mulai dibudidayakan menjadi belut ternak dalam jumlah yang banyak hingga sekarang sebagai salah satu komoditi ekspor ke luar negeri.

Belut sebenarnya terdiri dari tiga jenis yaitu belut rawa (Synbranchus bengalensis Mc clell) , belut laut (Macrotema caligans Cant ) dan belut sawah (Monopterus albus Zuieuw). Namun yang sering dibudidayakan adalah belut sawah.

Tempat Hidup Belut

Secara geografis dan klimatologis, belut tidak membutuhkan kondisi iklim dan lokasi spesifik untuk hidup. Belut dapat hidup dengan baik pada dataran rendah sampai dataran tinggi dengan temperatur 25 – 31 derajat celsius.  Kelembaban udara serta curah hujan juga tidak begitu spesifik. Namun yang terpenting adalah kondisi air yang bersih (terutama untuk bibit yang masih kecil) air kaya akan kandungan oksigen, tidak tercemar limbah maupun zat kimia beracun.

Di alam maupun di kolam buatan belut ternak mudah sekali dikembangbiakkan asalkan kondisi kolam buatan sesuai dengan kondisi habitat aslinya. Karena memelihara belut sangat mudah sehingga memungkinkan kita untuk mengembangkannya.

Kandungan Gizi Belut

Belut ternak sangat digemari sebagai bahan konsumsi karena disamping rasa dagingnya yang lezat, kandungan protein yang tinggi hampir setara dengan protein daging sapi, juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, C, zat besi, kalsium dan fosfor,  sangat baik bagi kesehatan.

Permintaan pasar  terhadap belut ternak sangat tinggi, baik dalam maupun luar negeri. Namun ketersediaan belut di alam semakin berkurang karena pemakaian pestisida yang tidak terkontrol, sehingga kondisi ini merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Budidaya  Belut

Permintaan belut ternak di pasaran  semakin meningkat  namun tidak sesuai dengan ketersediaan belut di alam yang semakin berkurang akibat penggunaan pestisida yang tidak terkontrol, kondisi ini  memunculkan peluang bisnis untuk mengembangkannya. Cara pembudidayaan belut ternak sebenarnya cukup sederhana, tidak memerlukan biaya yang mahal,  tidak membutuhkan lahan yang banyak, cukup kolam dari terpal, seng, drum, atau kolam permanen.

Bibit belut bisa langsung didapatkan dari sawah dengan cara memasang bubu, bisa juga membeli langsung di agen. Dengan pemilihan bibit yang baik serta pembuatan media yang mirip aslinya, dalam waktu 1 tahun belut sudah bisa dua kali dipanen untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Belut jarang terserang penyakit, namun yang perlu diperhatikan adalah menjaga belut peliharaan kita agar tidak dimakan oleh predator seperti katak, ular, burung, kucing, jaga media agar tidak kekeringan.

Peluang Bisnis Belut Ternak

Permintaan belut ternak di pasaran yang terus meningkat baik dalam maupun luar negeri merupakan peluang tersendiri bagi peternak belut, mulai dari pembibitan hingga pembesaran.  Peluang ekspor belut ternak bisa sampai negara Jepang, Hongkong, Cina, Malaysia, Taiwan, Korea, hingga Singapura karena di negara-negara tersebut daging belut diyakini mampu meningkatkan stamina tubuh.

Sekarang permintaan belut dari Indonesia juga merambah ke negara-negara Amerika Serikat, Australia sampai ke negara-negara Eropa. Di negara-negara tersebut belut hanya dijumpai di restoran-restoran mewah dan hotel berbintang. Belut yang diekspor adalah dalam bentuk belut segar (fresh eels), belut beku (frozen eels)  dan belut asap (smoked eels).

Kini dengan sentuhan tangan-tangan kreatif, hasil daging belut bisa diolah menjadi  camilan keripik belut yang sangat diminati konsumen. Tentu hal ini merupakan suatu peluang usaha baru.

Ada beberapa hasil olahan daging belut yang bisa menginspirasi Anda untuk membuka peluang usaha baru yaitu : abon belut, dendeng belut, keripik belut, rumah makan dengan menu beraneka masakan belut dimana konsumen bisa langsung memancing / menangkap belut pesanannya  di kolam.

Cara Memelihara Ikan Koi

Cara Memelihara Ikan Koi

Cara Memelihara Ikan Koi – Ikan koi merupakan jenis ikan karper yang digunakan sebagai ikan hias di aquarium maupun kolam. Ikan hias air tawar ini memiliki kecantikan warna yang mempesona dan sangat beraneka ragam bentuk dan coraknya. Hal inilah yang membuat setiap orang pasti gemes melihatnya. Keanekaragaman corak warnanya yang pasti berbeda antara ikan satu dengan lainnya membuat ikan koi memiliki keistimewaan yang tidak terbatas.

Cara Memelihara Ikan Koi

Cara Memelihara Ikan Koi

Terlebih ikan koi merupakan ikan omnivora ( pemakan segala ) mempermudah pemeliharaan. Di alam liar ikan koi bisa memakan daun daunan, serangga, ganggang air, dan dengan sungut di mulutnya mereka mampu berburu cacing di dasar sungai.

Sejarah Ikan Koi

Ikan koi pertama kali diternakkan oleh orang Cina sebagai lauk di musim dingin yaitu sekitar tahun 1300. Kemudian hingga berkembang di Jepang dikembangbiakkan oleh penduduk di daerah pegunungan Ojiya, Niigata secara lebih modern dalam beberapa ratus tahun sehingga dihasilkan strain ikan koi dengan warna merah dan biru cerah yang merupakan cikal bakal dihasilkannya strain-strain warna yang lebih indah lagi hingga sekarang.

Sekitar tahun 1870 dari hasil perkembangbiakan ikan koi melahirkan strain yang berwarna merah bercampur putih yang dikenal dengan sebutan Kohaku. Kemudian di  tahun 1910 keluar lagi dengan paduan warna putih dan hitam yang disebut shiroutsuri dan warna kuning yang berpadu dengan warna hitam yang disebut Kinutsuri.

Setelah tahun 1930 mulai ditemukannya variasi warna yang lebih unik dengan garis yang lain seperti paduan warna merah, hitam dan putih yang disebut showa Sanke. Selain itu ada corak dengan sisik emas disebut Kinrin, sisik perak disebut Ginrin, dan  keemasan disebut Ogon.

Karena keberhasilan mendapatkan strain-strain baru menyebabkan Jepang memimpin dalam pengembangan ikan koi yang mampu berumur hingga puluhan tahun bahkan bisa mencapai seratus tahun.

Cara Memelihara Ikan Koi

Memelihara ikan koi sebenarnya tidaklah begitu sulit. Ikan ini bisa dipelihara di kolam ataupun aquarium. Tapi karena faktor keeksotisan warnanya lebih dominan di punggung maka ikan koi lebih baik kalau dipelihara di kolam dari pada di aquarium.

Berikut tips memelihara ikan koi :

  • Kebersihan air harus selalu dijaga. Karena disamping mengganggu dalam menikmati  warna dan bentuknya juga mengganggu kesehatan ikan koi itu sendiri. Oleh sebab itu pemberian filter akan sangat membantu.
  • Pemberian pakan hendaknya dibatasi. Ikan koi diberikan makanan secukupnya 2 kali sehari sampai makanan itu habis dalam 15 menit. Jangan sampai banyak sisa makanan yang tidak dimakan yang ang menyebabkan kolam jadi cepat kotor.
  • Penempatan jumlah ikan sesuaikan dengan besarnya kolam.
  • Jika ada ikan yang sakit hendaknya segera dikarantina supaya tidak menular pada ikan yang lain.
  • Pakan yang diberikan bisa terdiri poor (siap saji) baik itu untuk pertumbuhan badan ikan ataupun pencerah warna dengan kandungan spirulina.
  • Makanan tambahan alami seperti cacahan udang atau rajangan sayur kecil-kecil bisa diberikan sebagai asupan gizi ikan. Perbandingan bahan hewani dan nabati berkisar 4 : 6 .

Banyak orang yang bermula dari sekedar hobi memelihara dan mengoleksi ikan koi, lambat laun menjadi penangkar dan akhirnya menjadikan bisnis ikan koi sebagai ladang penghasilan tambahan baginya. Mungkin memang benar bahwa mitos ikan koi adalah mampu memberikan hoki bagi pemiliknya. Jika benar-benar ditekuni usaha membudidayakan ikan koi mampu mendatangkan peluang usaha dan membuka lapangan kerja baru.

Produk Domestik Bruto

Produk Domestik Bruto

Produk Domestik Bruto – Dalam bidang ekonomi, produk domestik bruto (PDB) atau Gross Domestic Product (GDP) adalah nilai semua barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu negara pada periode tertentu. PDB merupakan salah satu metode untuk menghitung pendapatan nasional.

Produk Domestik Bruto

Produk Domestik Bruto

PDB diartikan sebagai nilai keseluruhan semua barang dan jasa yang diproduksi di dalam wilayah tersebut dalam jangka waktu tertentu (biasanya per tahun). PDB berbeda dari produk nasional bruto karena memasukkan pendapatan faktor produksi dari luar negeri yang bekerja di negara tersebut.

Sehingga PDB hanya menghitung total produksi dari suatu negara tanpa memperhitungkan apakah produksi itu dilakukan dengan memakai faktor produksi dalam negeri atau tidak. Sebaliknya, PNB memperhatikan asal usul faktor produksi yang digunakan.

Menurut McEachern (2000:146),  Produk Domestik Bruto atau Gross Domestic Product (GDP) artinya mengukur nilai pasar dari barang dan jasa akhir yang diproduksi oleh sumber daya yang berada dalam suatu negara selama jangka waktu tertentu, biasanya satu tahun. GDP juga dapat digunakan untuk mempelajari perekonomian dari waktu ke waktu atau untuk membandingkan beberapa perekonomian pada suatu saat.

PDB Nominal (atau disebut PDB Atas Dasar Harga Berlaku) merujuk kepada nilai PDB tanpa memperhatikan pengaruh harga. Sedangkan PDB riil (atau disebut PDB Atas Dasar Harga Konstan) mengoreksi angka PDB nominal dengan memasukkan pengaruh dari harga.

Menghitung Produk Domestik Bruto / PDB / Produk Domestik Kotor

Menurut McEachern (2000:147) PDB dapat dihitung dengan memakai dua pendekatan, yaitu pendekatan pengeluaran dan pendekatan pendapatan.

Rumus umum untuk PDB dengan pendekatan pengeluaran adalah:

Menurut McEachern (2000:149) untuk memahami pendekatan pengeluaran pada GDP, kita membagi pengeluaran agregat menjadi empat komponen, konsumsi, investasi, pembelian pemerintah, dan ekspor netto.

1. Konsumsi, atau secara lebih spesifik pengeluaran konsumsi perorangan, adalah pembelian barang dan jasa akhir oleh rumah tangga selama satu tahun. Contohnya : dry cleaning, potong rambut, perjalanan udara, dsb.

2. Investasi, atau secara lebih spesifik investasi domestik swasta bruto, adalah belanja pada barang kapital baru dan tambahan untuk persediaan.

Contohnya : bangunan dan mesin baru yang dibeli perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa.

3. Pembelian pemerintah, atau secara lebih spesifik konsumsi dan investasi bruto pemerintah, mencakup semua belanja semua tingkat pemerintahan pada barang dan jasa, dari pembersihan jalan sampai pembersihan ruang pengadilan, dari buku perpustakaan sampai upah petugas perpustakaan. Di dalam pembelian pemerintah ini tidak mencakup keamanan sosial, bantuan kesejahteraan, dan asuransi pengangguran. Karena pembayaran tersebut mencerminkan bantuan pemerintah kepada penerimanya dan tidak mencerminkan pembelian pemerintah.

4. Ekspor netto, sama dengan nilai ekspor barang dan jasa suatu negara dikurangi dengan impor barang dan jasa negara tersebut. Ekspor netto tidak hanya meliputi nilai perdagangan barang tetapi juga jasa.

Rumus umum untuk PDB dengan pendekatan pengeluaran adalah:

PDB = konsumsi + investasi + pengeluaran pemerintah + ekspor – impor

Sementara pendekatan pendapatan menghitung pendapatan yang diterima faktor produksi:

PDB = sewa + upah + bunga + laba

Di mana sewa adalah pendapatan pemilik faktor produksi tetap seperti tanah, upah untuk tenaga kerja, bunga untuk pemilik modal, dan laba untuk pengusaha.

Secara teori, PDB dengan pendekatan pengeluaran dan pendapatan harus menghasilkan angka yang sama. Namun karena dalam praktek menghitung PDB dengan pendekatan pendapatan sulit dilakukan, maka yang sering digunakan adalah dengan pendekatan pengeluaran.

Produk Nasional Bruto / PNB / Produk Nasional Kotor

Pengertian Produk Nasional Bruto adalah hasil produksi dalam suatu wilayah yang telah dikurangi hasil faktor produksi yang pemiliknya bukan berasal dari dalam perekonomian serta ditambah nilai faktor produksi dari dalam perekonomian yang berada di luar daerah perekonomian.

Rumus hitung PNB yaitu :

Produk Nasional Bruto = PDB + hasil faktor produksi milik domestik yang ada di luar negeri – hasil output faktor produksi milik luar negeri yang ada di dalam negeri

Produk Nasional Neto / PNN / Produk Nasional Bersih

Pengertian Produk Nasional Netto adalah produk nasional yang memperhitungkan pengeluaran investasi neto dengan mengurangi investasi bruto dengan depresiasi.

Rumus PNN yakni :

Produk Nasional Netto = Produk Nasional Bruto – Depresiasi

Pendapatan Nasional / PN

Pendapatan Nasioanl merupakan pendapatan yang memperhitungkan balas jasa atas faktor produksi dengan mengurangi produk nasional neto dengan pajak tidak langsung dan ditambah dengan subsidi.

Rumus PN :

Pendapatan Nasional = Pendapatan Nasional Neto – Pajak Tidak Langsung + Subsidi

Pendapatan Personal / Individu / Perseorangan / PP

Pengertian Pendapatan Nasional adalah hak individu yang merupakan balas jasa atas proses produksi yang dijalani. Dari keseluruhan pendapatan nasional yang ada tidak sepenuhnya milik perseorangan, karena sebagain merupakan hak dari perusahaan seperti laba ditahan, penerimaan bukan balas jasa, pembayaran asuransi sosial dan pendapatan bunga perseorangan dari pemerintah dan konsumen.

Rumus PP :

Pendapatan Personal = Produk Nasional Neto – Laba Ditahan – Pembayaran Asuransi Sosial – Penerimaan Bukan Balas Jasa – Pendapatan Bunga Dari Konsumen dan Pemerintah

Pendapatan Personal Yang Dapat Dibelanjakan

Pengertian Pendapatan Personal Disposable adalah penghasilan individu dalam suatu perekonomian yang bersih dan sudah bisa dibelanjakan secara keseluruhan setelah pendapatan nasional dikurangi dengan pajak penghasilan perseorangan.

Rumus pendapatan perorangan yang dapat dibelanjakan :

Pendapatan personal yang dapat dibelanjakan = pendapatan personal – pajak pendapatan personal.